Selasa, 18 Mei 2010

Khasiat Buah Semangka

Panas dan tingginya suhu udara terkadang membuat ba-nyak orang mengeluh tidak tahan. Dokter pengobatan tradisional Tiongkok Hu Nai Wen menganjurkan para pembaca, tak ada salahnya memanfaatkan buah semangka untuk memperoleh efek menetralisir panas dan menghilangkan dahaga.

Buah semangka merupakan buah spesies labu-labuan yang kandungan airnya mencapai 96.6%. Asam Amonia dan pati Asam Amonia pada daging semangka konon dapat mening-katkan pembentukan asam urea pada urin, sehingga dapat memperlancar buang air kecil. Di samping itu, bagi penderita tekanan darah tinggi, radang prostat , infeksi pada saluran kandung kemih juga memiliki khasiat penyembuhan.

Dokter Hu berkata, kandungan vitamin pada sari buah semangka sangat tinggi, mengandung segala macam vitamin yang diperlukan oleh tubuh manusia.

Tubuh manusia menetralisir panas melalui pengeluaran keringat, sehingga membuat kadar air hilang dalam jumlah besar, merasa haus ingin minum, terutama bagi penderita demam tinggi.

Semangka paling baik untuk menghilangkan hawa panas pada musim panas, menghilangkan dahaga dan gerah.

Pada waktu musim panas, semangka sangat baik dikonsumsi oleh orang awam dan penderita panas tinggi. Dan sari buah semangka juga baik dimanfaatkan untuk mengobati panas dalam akibat infeksi, juga bermanfaat untuk mengobati sariawan, serta dapat juga menyembuhkan infeksi saluran paru-paru dan radang tenggorokan.

Namun dokter Hu juga mengingatkan kita semua, semangka bersifat dingin, terlalu banyak makan semangka dapat mengendapkan hawa dingin dan mengakibatkan kelembaban, melemahkan limpa dan maag, bagi orang yang mudah mengalami mencret, sebaiknya jangan makan terlalu banyak.

Sedangkan kulit semangka juga memiliki khasiat dan kegunaan yang mirip dengan daging semangka. Di samping itu, juga berfungsi untuk mem-perlancar pembuangan cairan dan meredakan bengkak. Terutama berfungsi memperlancar buang air kecil yang berwarna kuning kemerah-merahan saat musim panas, sakit kuning, pelepas dahaga, sariawan, dan berbagai penyakit lain.

Bagian kulit yang keras setelah direbus hingga mendidih dapat digunakan untuk mandi, bermanfaat bagi kulit, juga bermanfaat untuk meredakan pembengkakan akibat panas lembab.

Jika sakit gigi dapat menggunakan kulit semangka yang telah dijemur hingga kering lalu digerus menjadi serbuk, tambahkan sedikit es batu lalu dioles-oleskan. Setelah membuang kulit permukaan yang keras, yang tersisa adalah bagian kulit lunak, dapat ditambahkan minyak wijen, daun ketumbar, siramkan cuka lalu dapat dijadikan sebagai makanan pendamping. (Dajiyuan/ Liang Kaijing)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar